Fenomena Fear of Missing Out (FOMO) Pada Milenial Perspektif Kebutuhan Islam
Kata Kunci:
Fear of Misssing Out, Milenial, Perspektif Kebutuhan Islam.Abstrak
Kemajuan teknologi yang sangat pesat, menjadikan internet dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Dimana media sosial berpengaruh pada pemenuhan kebutuhan manusia, salah satunya milenial. Ketergantungan manusia pada media sosial bisa mendatangkan fenomena Fear of Misssing out (FOMO). FOMO sebuah kecemasan akan tertinggal momen yang ramai di media sosial. Banyaknya pengguna media sosial perlu adanya penulis meneliti fenomena FOMO perspektif kebutuhan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Rancangan studi kasus digunakan untuk mengungkap kajian empiris kontemporer di dalam kehidupan nyata, salah satunya fenomena yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan FOMO menjadi hal yang tidak asing karena media sosial menjadi salah satu hal terpenting manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam Islam konsep kebutuhan menurut Al-Ghazali ada tiga tingkatan maslahat yang berada dalam maqashid shariah yaitu, dharuriyyat, hajiyyat, dan Tahsiniyat. Ketiga konsep kebutuhan bertujuan mendatangkan kesejahteraan sosial Islami apaila kebutuhan atau utilitas manusia terpenuhi. FOMO secara berlebih-lebihan dapat menjadikan kehidupan sosial akan runtuh dan terganggu, jika tiga konsep kebutuhan dalam Islam tidak terpenuhi dengan baik.
Referensi
Agus, Tomi, ‘Hukum Utilitas Dalam Ekonomi Islam’, At Taajir : Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Keuangan Syariah, 1.1 (2019), 11–18 <https://doi.org/10.47902/attaajir.v1i1.23>
Aisafitri, Lira, and Kiayati Yusriyah, ‘Kecanduan Media Sosial (FOMO) Pada Generasi Milenial’, Jurnal Audience, 4.01 (2021), 86–106 <https://doi.org/10.33633/ja.v4i01.4249>
H. Zainur, ‘Konsep Dasar Kebutuhan Manusia Menurut Persfektif Ekonomi Islam’, An-Nahl, 09.05 (2017)
Harun, Ibrahim Ahmad, ‘Dalam Ekonomi Islam Menurut Tokoh Islamdan Jumhur Ulama’, 1.November (2022)
Hodkinson, Chris S.; Poropat, Arthur E., ‘Chinese Students‟ Participation: The Effect of Cultural Factors. Education & Training’, 56 (5) (2014), 430–46 <https://doi.org/https://doi.org/10.1108/ET-04-2013-0057>
Jayani, Dwi Hadya, ‘Proporso Populasi Generasi Z Dan Milenial Terbesar Di Indonesia’, 2021 <https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/24/proporsi-populasi-generasi-z-dan-milenial-terbesar-di-indonesia>
Nadia, Fajrina, ‘10 Media Sosial Yang Paling Banyak Digunakan Di Indonesia 2023’ <https://www.pramborsfm.com/tech/10-media-sosial-yang-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-2023>
Nurzaman, Nur Sholeh, Ekonomi Mikro Islam, ed. by Aklia Suslia (Jakarta: Salemba Empat, 2022)
Putri, Khoirifa Argisa, ‘Fenomena YOLO Dan FOMO Jadi Tantangan Milenial Kelola Keuangan, Ini Tips Dari OJK’ <https://infobanknews.com/fenomena-yolo-dan-fomo-jadi-tantangan-milenial-kelola-keuangan-ini-tips-dari-ojk/>
Rahmawati, Husni Thamrin, ‘Relevansi Utility Dan Masalahah Dalam Mikro Islam’, Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 4 (2021), 1–9
Secsio, Wilga, Ratsja Putri, and R Nunung Nurwati, ‘7 Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja’, Jurnal Unpad, 3(1) (2016), 47–51
Subagijo, Azimah, ‘Diet Dan Detoks Gadget’
Wakerkwa, Onius, ‘Peranan Sumber Daya Manusia Dalam Kabupaten Lanny Jaya’, Jurnal Holistik, 17, 2016, 1–22
Zainur, Zainur, ‘Konsep Dasar Kebutuhan Manusia Menurut Persfektif Ekonomi Islam’, Jurnal An-Nahl, 7.1 (2020) <https://doi.org/10.54576/annahl.v7i1.3>