Perkembangan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia: Prinsip Dan Faktor Yang Mempengaruhi

Authors

  • ahmad naufal muharror Institut Alif Muhammad Imam Syafi'i Author

Keywords:

Sejarah; Perkembangan Kurikulum; Faktor Perkembangan; Prinsip Perkembangan

Abstract

Abstrak: Kurikulum merupakan sebuah kunci dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan karena berkaitan dengan penentuan arah, isi dan proses pendidikan yang pada akhirnya menentukan macam dan kualifikasi lulusan suatu lembaga pendidikan. Pengembangan kurikulum merupakan satu keharusan sebagai bentuk respon positif-konseptual mengingat pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sejalan dengan perkembangan zaman yang semakin kompleks. Sejarah mencatat ada sebelas kali perubahan kurikulum pasca kemerdekaan Indonesia, mulai dari kurikulum rencana pelajaran 1947, kemudian menjadi kurikulum rencana pelajaran terurai 1952, kurikulum rencana pendidikan 1964, kurikulum 1968, kurikulum 1975 dengan istilah satuan pelajaran nya, kurikulum 1984 dengan konsep CBSA, kurikulum 1994, kurikulum KBK tahun 2004, kurikulum KTSP, Kurikulum 2013 dan yang terbaru kurikulum merdeka. Pengembangan kurikulum harus berdasarkan pada prinsip-prinsip yang meliputi prinsip-prinsip umum berupa prinsip relevansi, fleksibilitas, efektivitas, efisiensi, kontinuitas, berorientasi pada tujuan, pendidikan seumur hidup, sinkronisasi, integritas, objektivitas, demokrasi. Prinsip khusus meliputi penyusunan tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kurikulum diantaranya faktor perguruan tinggi, faktor masyarakat dan faktor nilai atau norma masyarakat. Selain itu ada faktor filosofis, psikologis, sosial budaya, politik, pembangunan negara dan perkembangan dunia, serta ilmu pengetahuan dan teknologi

References

Arifin, Zainal. “Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum: Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Komponen, Pendekatan, Model, Evaluasi Dan Inovasi,” 2012.

Baderiah, Baderiah. “Pengembangan Kurikulum,” 2018.

Hamalik, Oemar. “Pengembangan Kurikulum: Dasar-Dasar Dan Perkembangannya.” (No Title), 1990.

Hamid, Hamdani. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan,” 2012.

Marzuqi, Badrul Munir, and Nur Ahid. “Perkembangan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia: Prinsip Dan Faktor Yang Mempengaruhi.” JoIEM (Journal of Islamic Education Management) 4, no. 2 (2023): 99–116.

Mustaghfiroh, Siti. “Konsep ‘Merdeka Belajar’ Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey.” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 3, no. 1 (2020): 141–47.

Sari, Rati Melda. “Analisis Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan.” PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2019): 38–50.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik. Rosda, 2020.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2008.

Downloads

Published

25-04-2025