PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF SEJARAH
Keywords:
Sejarah, Perkembangan, Kurikulum PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan terkait sejarah perkemangan kurikulum di Indonesia, beberapa kali terjadi pergantian kurikulum tentu berdampak kepada proses pendidikan di Indonesia dimana kita ketahui bahwasanya kurikulum merupakan dalah satu elepen penting pada proses pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data melalui riset kepustakaan yang mellibatkan pengumpulan informasi dan data dari berbagai sumber yang terdapat pada perpustakaanseperti buku referensi, hasil penelitian sebelumnya yang relevan, artikel, catatan terkait dan termasuk juga jurnal yang berkaitan dengan topik ysng ingin diselesaikan. Kurikulum di Indonesia setelah kemerdekaan Indonesia tahun 1945 mengalami 9 perubahan termasuk 1947, 1952, 1964, 1968,1975, 1984, 1994, 2004, 2006 dan 2013. Pengembangan kurikulum didasarkan pada beberapa faktor, yaitu pertama. Tantangan masa depan adalah globalisasi, masalah lingkungan dan kemajuan teknologi, konvergensi sains dan teknologi dan bisnis, kebangkitan industry. Industry kreatif dan budaya perubahan ekonomi global, kualitas. Kedua, keterampilan mada depan adalah keterampilan komunikasi, berpikir jernih dan kritis dan keterampilan berpikir kritis, kreatif dan kritis serta keterampilan.
References
Alhamuddin. “Sejarah Kurikulum Di Indonesia.” Nur El-Islam 1, no. 2 (2014): 48–58. —— “Sejarah Kurikulum Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum)” 1, no. 1 (2013): 48–58.
Andari, Eni. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS).” Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru 1, no. 2 (2022): 65–79. https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694.
Hudaidah, and Adelia Putri Ananda. “Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia Dari Masa Ke Masa.” Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah 3, no. 2 (2021): 102–8. Imron, Muhammad. “Pengembangan Kurikulum 1994.” Nuevos Sistemas de Comunicación e Información 2, no. 1 (2018): 2013–15.
Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, and Novi Hendri Adi. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589. no. 2 (2022): 3011–24.
Insani, Farah Dina. “Sejarah Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini.” As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan 8, no. 1 (2019): 43–64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132.
Iramdan, Lengsi Manurung. “Sejarah Kurikulum Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 5, no. 2 (2019): 57–58. https://doi.org/10.5281/zenodo.2678137.
Madhakomala, Layli Aisyah, Fathiyah Nur Rizqiqa Rizqiqa, Fransiska Desiana Putri, and Sidiq Nulhaq. “Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire.” At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan 8, no. 2 (2022): 162–72. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819.
Nadya, Meitras Andri Rosari, Muhammad Sidiq Nur. “Pengembangan Kurikulum Indonesia.” Jurnal Pembelajaran Dan Biologi 3, no. 2 (2017): 19–23.
Noviani, Dwi, and Ani Nafisah. “Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka” 2, no. 2 (2022): 148–62.
Nursabaha, Sarifa, Hamdan Juhannis, St. Syamsudduha, and Sitti Mania. “The Impact of Life Skill Education Curriculum Implementation in Anticipating Adolescent Problems At the Unicef Project Pilot School in Bone Regency.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 25, no. 1 (2022): 126–37. https://doi.org/10.24252/lp.2022v25n1i11.
Nursobah, Ahmad. “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Multi Situs Di MIN Ngepoh Tanggunggunung Dan MIN Mergayu Bandung Tulungagung).” Jurnal Dirasah 1, no. 2 (2018): 26212838.
Sarwono, Jonatan. Metodologi Penelitian. 2nd ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2018. Subhan, Fauti. “Konsep Pendidikan Islam Masa Kini.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2013): 256–373.
Sumantri, Budi Agus. “Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21.” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam 18, no. 1 (2019): 27. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1614.
Suryaman, Maman. “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra 1, no. 1 (2020): 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357.