PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI ERA MERDEKA BELAJAR

Authors

  • nadia aulia tasya Institut Alif Muhammad Imam Syafi'i Author

Keywords:

Kurikulum kontekstual, Merdeka Belajar, pembelajaran bermakna, pendidikan abad ke-21

Abstract

Perubahan paradigma pendidikan nasional mendorong perlunya pendekatan kurikulum yang lebih adaptif, partisipatif, dan relevan dengan kehidupan nyata peserta didik. Kurikulum kontekstual menjadi salah satu alternatif strategis yang menempatkan peserta didik sebagai subjek aktif dalam proses pembelajaran melalui pengaitan materi ajar dengan pengalaman, lingkungan, dan permasalahan di sekitarnya. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pengembangan kurikulum kontekstual dalam kerangka kebijakan Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dan analisis deskriptif-kualitatif terhadap kebijakan, teori pendidikan kontekstual, dan praktik pembelajaran di sekolah. Hasil kajian menunjukkan bahwa kurikulum kontekstual mampu meningkatkan relevansi pembelajaran, memperkuat karakter siswa, dan mendorong penguasaan kompetensi abad ke-21. Selain itu, pendekatan ini memberikan ruang bagi satuan pendidikan untuk menyusun kurikulum operasional yang lebih fleksibel dan berbasis kearifan lokal. Namun demikian, implementasi kurikulum kontekstual masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kesiapan guru, keterbatasan sumber daya, dan resistensi terhadap perubahan. Oleh karena itu, sinergi antara pemangku kebijakan, pendidik, dan masyarakat sangat diperlukan agar kurikulum kontekstual benar-benar dapat menghidupkan semangat Merdeka Belajar

References

Abdurahman, Adi, Siti Ghaida Sri Afira Ruhyadi, and Misbah Binasdevi. “Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas Tinggi MI/SD.” Al-Ibanah 7, no. 2 (2022): 1–9. https://doi.org/10.54801/ibanah.v7i2.107.

Adolph, Ralph. “済無No Title No Title No Title” 09 (2016): 1–23.

Ariga, Selamat. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 2 (2023): 662–70. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225.

Eva Ervia, Risma Delima Harahap, and Ika Chastanti. “Analisis Perkembangan Kurikulum Biologi Dari Kurikulum 1984 Sampai Dengan Kurikulum Merdeka.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 1 (2024): 927–36. https://doi.org/10.58230/27454312.491.

Farhan, Arridho Alnajmuzzaki, Azzahra Rizkia, Hafiz Rekso Budi, Iiz Abdul Ropik, Shabran Ghazi, Nabil Firly, and Universitas Pendidikan Indonesia. “Hipkin Journal of Educational Research” 1, no. 1 (2024): 49–60.

Firdaus, Andrian, and Alfan Hadi. “Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Abata.” LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia 2, no. 1 (2023): 40–45. https://doi.org/10.58218/literasi.v2i1.492.

Intan, Nursikah, Suzatmiko Wijaya, Satriyadi Satriyadi, Siahaan Amiruddin, and Nasution Inom. “Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.” Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 02 (2023): 1697–1712. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.3761.

Islam, Manajemen Pendidikan, Kualitas Pembelajaran, and Era Pendidikan. “INOVASI ISLAM PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL” 7 (2024): 9035–44.

Ledia, Shinta, Betty Mauli, and Rosa Bustam. “Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Religion Education Social Laa Roiba Journal 6 No 1, no. Pendidikan (2024): 790–806. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.2708.

Mardiana, Mardiana, and Emmiyati Emmiyati. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran: Evaluasi Dan Pembaruan.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 10, no. 2 (2024): 121–27. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p121-127.

Masrura, Laila. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Fantasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar.” LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah 13, no. 2 (2023): 430–41. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i2.7433.

Maulana, Aby. “Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Dalam Mewujudkan SDM Unggul Dan Kompetitif Di Perguruan Tinggi (Berdasarkan Survey SPADA Di Universitas Muhammadiyah Jakarta Tahun 2022).” Al-Qisth Law Review 6, no. 1 (2022): 1. https://doi.org/10.24853/al-qisth.6.1.1-21.

Putri, Melani Eka, Rahmania Zulhuda, Desi Armi, and Eka Putri. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Media Pembelajaran Inovasi Pendidikan Ekonomi Di Indonesia” 5 (2025): 4262–81.

Roro, Raden, Wulan Ayu, Haji Agus, and Salim Bekasi. “Transfigurasi Implementasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Di Transfiguration of the Implementation of the Independent Learning Curriculum in Islamic Religious Education ( PAI ) Learning at SMPIT Harapan Bangsa,” no. 76 (2025).

Downloads

Published

25-04-2025