DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM INTEGRATIF DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • deviana khalimatus Institut Alif Muhammad Imam Syafi'i Author

Keywords:

perancangan, kurikulum integratif, dan implementasi

Abstract

Kurikulum sebagai suatu sistem sekaligus alat untuk mencapai tujuan pendidikan menjadi sangat urgen dan mutlak dalam suatu program pendidikan. Kurikulum tidak cukup hanya memuat kompetensi-kompetensi peserta didik saja, tetapi kurikulum juga harus mampu bersinergi dengan seluruh aspek kehidupan manusia. Di sinilah pentingnya kurikulum integratif sebagai suatu sistem pembelajaran yang terpadu baik antara isinya maupun realitas kebutuhan manusia. Di satu sisi, suatu sistem akan berjalan dengan baik apabila sistem tersebut direncanakan, diorganisasikan, dan diterapkan dengan baik. Artinya, perancangan suatu kurikulum juga akan menentukan apakah kurikulum tersebut akan tercapai dan sesuai dengan tujuan pendidikan atau justru terpaksa gagal dan perlu didesain ulang. Perancangan pengembangan kurikulum integratif merupakan upaya pengembangan kurikulum untuk mengembangkan kemampuan penalaran dalam pembentukan pengetahuan yang didasarkan pada interaksi dengan lingkungan dan pengalaman dalam kehidupan. Pendekatan ini dimaksudkan sebagai upaya mengintegrasikan tiga hal yaitu pengembangan, pertumbuhan, dan kemampuan pengetahuan peserta didik.

References

Arifin, Zaenal, Syukri Indra, Novi Maryani, Program Studi, Manajemen Pendidikan, i Universitas Djuanda. «MANAJEMEN KURIKULUM INTEGRATIF PESANTREN MADRASAH DI PONDOK PESANTREN MODERN AR-RIDHO SENTUL CURRICULUM MANAGEMENT OF BOARDING SCHOOL CASE STUDY AT MADRASAH ALIYAH AR-RIDHO SENTUL ISLAMIC MODERN BOARDING» 2, núm. 6 (s.d.): 634-42.

Azkiah, Hastin, i Tasman Hamami. «Desain Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking». Jurnal Pendidikan dan Sains 3, núm. 1 (2021): 77-93.

Fatirul, Noor Achmad. «Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran (Edisi Khusus Mahasiswa Pendidikan dan Pendidik)». Sanskara Pendidikan dan Pengajaran 1, núm. 02 (2022): 56-67. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02.

Ikmal, Tobroni, Sutiah. «Implementasi Pengembangan Kurikulum Integratif di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang». Al-Hidayah 11 (2022): 399-416.

Khoeriyah, Ni’matul, i Mawardi Mawardi. «Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar». Mimbar Sekolah Dasar 5, núm. 2 (2018): 63. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444.

Ni’mah, Musbirotun, i Novita Sari. «Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Berparadigma Integratif-Mutidisipliner Model Twin Towers (Studi Kasus Kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Sura». Jurnal Pendidikan Islam 6, núm. 1 (2022): 74-95. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/3458.

Rohman, Syaifur, Bima Fandi Asy’arie, i Bunayar Bunayar. «Desain Kurikulum Pendidikan Islam: Sebuah Kajian Literatur». DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 5, núm. 02 (2024): 51-72. https://doi.org/10.58577/dimar.v5i02.193.

Usriyah, Lailatul, i M. Suwignyo Prayogo. «Problematika Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif di Lembaga Pendidikan Dasar Islam: Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Garahan Jember Jawa Timur». TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 13, núm. 2 (2018). https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1678.

Downloads

Published

25-04-2025