Membumikan Konsep Integrasi Pendidikan Islam Dengan Sains Di Lembaga Pendidikan Islam
Keywords:
Integration of Islamic Education, Science Relevance, Educational Theory, Muslim GenerationAbstract
Artikel ini membahas tentang pentingnya pembumian konsep integrasi pendidikan Islam dengan sains di lembaga pendidikan Islam. Dalam era yang semakin kompleks dan dinamis, integrasi ini menjadi kunci untuk menjaga relevansi pendidikan dengan perkembangan zaman. Artikel ini menguraikan latar belakang, teori pendukung, dan contoh-contoh tentang pentingnya integrasi pendidikan Islam dengan sains. Kesimpulannya, integrasi ini memungkinkan peserta didik untuk memahami hubungan antara ajaran agama dan sains, mempersiapkan mereka untuk menghadapi dunia modern, dan mengembangkan keterampilan ilmiah yang relevan. Dengan pembumian konsep ini, lembaga pendidikan Islam dapat menciptakan lingkungan belajar yang holistik dan harmonis antara iman dan sains, menghasilkan generasi yang berpengetahuan, beriman, dan kompetitif di era global.
References
Abdullah, M Amin. “Epistemologi Pendidikan Islam: Mempertegas Arah Pendidikan Nilai Dalam Visi Dan Misi Pendidikan Islam Dalam Era Pluralitas Budaya Dan Agama.” In Makalah Disampaikan Dalam Forum Seminar Dan Lokakarya Ilmu Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga, Vol. 21, 2000.
Al-Shamrani, Saeed. “Of Education at King Saud University in Saudi Arabia. Dr. Saeed Graduated from the College of Education and Health Professions at University of Arkansas, USA in 2008. His PhD Investigated the Top Used Physics Textbooks in the United States in the Light of the Nature of Science (NOS). Even Though Dr. Saeed Has Been Working In.” Science Education in the Arab Gulf States, n.d., 225.
Bakar, Abu, M Nazir, and Raden Deceu Berlian Purnama Purnama. “Membumikan Konsep Integrasi Pendidikan Islam Dengan Sains Di Lembaga Pendidikan Islam.” Jurnal Adzkiya VII, No. I, no. I (2023): 82–92. https://jurnalstaiibnusina.ac.id/index.php/adz.
Bisri, Muhammad. “Menuju Sistem Pendidikan Integralistik. Tp: Gema Clipping Service,” 1995.
Indonesia, Republik. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Sekretariat Jenderal Mpr Ri, 2002.
Sunhaji, Dr. “Pembelajaran Tematik-Integratif: Pendidikan Agama Islam Dengan Sains,” 2016.